Beranda » Penggunaan Data Mining dalam Kehidupan Sehari-hari

Penggunaan Data Mining dalam Kehidupan Sehari-hari

Data Mining adalah:

Kegiatan untuk menemukan, menggali informasi / pengetahuan yang berguna secara otomatis dari sekumpulan data yang jumlahnya besar.
Serangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu kumpulan data.


Data mining sekarang ini merupakan salah satu bidang yang sangat berkembang karena besarnya kebutuhan akan nilai tambah dari database skala besar yang makin banyak terakumulasi sejalan dengan pertumbuhan teknologi informasi. Data mining sekarang ini juga ditunjang oleh berbagai bidang ilmu lainnya yaitu: AI (Artificial Intelligence, database, statistik, pemodelan matematika, pengolahan citra, dan masih banyak lagi).

Penggunaan data mining dalam kehidupan sehari-hari:

Dalam bidang kesehatan:
- Sekarang ini sistem informasi rumah sakit mulai menerapkan sistem informasi berbasis komputer untuk mendukung manajemen keuangan, khususnya dipakai untuk billing systems (sistem pembayaran).

Dalam bidang perkantoran:
- Sebagai alat absen sidik jari (finger print)

Dalam bidang olahraga:
- Sebagai sensor atau alat untuk mencatat jumlah statistik pada statistik sepak bola, basket, tenis, voli, dll.

Dalam bidang telekomunikasi:
- Sebagai sarana statistik untuk mencatat kepadatan jumlah penelepon di jam tertentu (jam sibuk / bukan) sehingga operator dapat memberikan tarif tertentu bagi pelanggan.
iterang